RSS

Struktur Sosial

04 Dec

Struktur sosial merupakan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu norma sosial, lembaga sosial, kelompok sosial, dan pelapisan sosial.

Adanya system stratifikasi sosial dapat terjadi dengan sendirinya dalam proses perkembangan masyarakat. Ada beberapa alasan terbentuknya stratifikasi sosial yang terjadi dengan sendirinya adalah kepandaian, tingkat umur (yang senior), sifat keaslian keanggotaan kerabat seorang kepala masyarakat, dan mungkin juga harta dalam batas-batas tertentu. Stratifikasi sosial yang ada di desa saya merupakan stratifikasi sosial yang bersifat terbuka dimana masing-masing anggota masyarkat mempunyai kesempatan untuk melakukan mobilitas sosial.

Pada mayarakat desa seperti pada tempat tinggal saya sekarang startifikasi sosial yang menempati kedudukan tertinggi adalah kepala desa, ketua RW, ketua RT, dan pemilik tanah. Kelas menengah adalah pedagang dan pegawai. Sementara yang mempunyai kedudukan rendah adalah buruh. Pada dasarnya setiap manusia memiliki kedudukan yang sederajat. Akan tetapi, sesuai dengan kenyataan hidup kelompok-kelompok sosial, pembedaan atas lapisan merupakan gejala yang universal yang merupakan bagian dari system sosial setiap masyarakat.

Ukuran atau kriteria yang biasa di pakai untuk menggolongkan anggota masyarakat kedalam suatu lapisan adalah ukuran kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan. Ukuran dalam menentukan pelapisan sosial yang ada dalam masyarakat tidak hanya terpatok pada hal diatas masih banyak ukuran-ukuran lain yang dapat digunakan. Tetapi, ukuran-ukuran diatas sangat menentukan sebagai dasar timbulnya system pelapisan sosial pada suatu masyarakat.

Norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat yang dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku. Mula-mula norma terbentuk secara tidak sengaja. Namun lama kelamaan norma tersebut terbentuk dan dibuat secara sadar. Norma yang ada di dalam masyarakat, mempunyai kekuatan mengikat yang berbeda-beda. Ada norma yang lemah, yang sedang sampai yang kuat daya ikatnya.

Norma-norma yang ada di suatu masyarakat umumnya sama, mempunyai tujuan yang sama yaitu demi kelangsungan hidup masyarakat yang aman, tentram dan damai. Norma untuk menghargai sesama dan menghormati orang yang lebih tua telah ada sejak lama di desa saya. norma tersebut mengajarkan kita untuk menghormati sesama dan terjalin hubungan yang baik antar anggota masyarakat, baik itu yang muda maupun yang tua. Selain itu di desa saya juga mempunyai norma tentang jam belajar masyarakat. Jadi ketika malam hari lingkungan di sekitar desa sepi karena anak-anak belajar di rumah dan orang-orang dewasa banyak menghabiskan waktu di rumah. Kebiasaan yang telah menjadi norma dalam masyarakat itu telah disepakati bersama oleh masing-masing anggota masyarakat.

Norma yang ada dalam masyarakat mengalami suatu proses, pada akhirnya akan menjadi bagian tertentu dari lembaga kemasyarakatan. Proses tersebut dinamakan proses pelembagaan (institusionalization), yaitu suatu proses yang dilewatkan oleh suatu norma yang baru untuk menjadi bagian dari salah satu lembaga kemasyarakatan. Maksudnya ialah sampai norma itu oleh masyarakat dikenal, diakui, dihargai kemudian ditaati dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga Sosial merupakan suatu system tatakelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas social untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan bermasyarakat. Lembaga kembaga kemasyarakatan dianggap sebagai peraturan apabila norma-norma tersebut membatasi serta mengatur perilaku manusia. Lembaga perkawinan berperan mengatur hubungan antara pria dengan wanita. Dengan adanya lembaga perkawinan hubungan yang terjalin antara pria dan wanita disahkan secara agama dan Negara, mendapat pengakuan dimata masyarakat dan hukum, serta menjamin hak-hak serta kewajiban suami istri. Selain itu ada lembaga kekeluargaan bertujuan untuk mengatur hubungan antara anggota keluarga di dalam suatu masyarakat.

Lembaga pendidikan merupakan salah satu lembaga sosial yang berperan cukup penting dalam masyarakat. Dengan adanya pendidikan, diharapkan manusia dapat meningkat dan berkembang seluruh potensi atau bakat alamiahnya sehingga menjadi manusia yang relative lebih baik, lebih berbudaya dan lebih manusiawi. Diharapkan pendidikan yang didapat oleh individu memberikan pengaruh yang positif bagi masyarakat agar masyarakat dapat berkembang dan lebih maju.

Kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama. Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lainlah yang menjadi dasar adanya kelompok sosial. Manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, misalnya untuk makan seorang individu harus membeli bahan untuk makan dari orang lain, begitu pula dengan hal-hal yang lain.

Suatu kelompok sosial cenderung untuk tidak menjadi kelompok yang statis, tetapi selalu berkembang serta mengalami perubahan-perubahan, baik dalam aktivitas maupun bentuknya. Perubahan-perubahan itu bisa dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya pengaruh perubahan sosial budaya dalam masyarakat, ilmu pengetahuan, penemuan-penemuan baru dan globalisasi. Salah satu bentuk kelompok sosial yang ada di desa saya adalah trah. Trah atau paguyuban merupakan bentuk kehidupan bersama di mana anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang bersifat nyata dan organis. Trah dalam keluarga saya merupakan kumpulan keluarga besar yang mana anggotanya adalah keturunan atau silisilah keluarga dari kakek-nenek buyut yaitu mulai dari kakek-nenek, kemudian anak-anaknya hingga cucu dan cicit. Trah disini dibentuk dengan tujuan agar mengetahui silsilah keluarga atau keturunan dan saling merekatkan hubungan dengan saudara-saudara. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah arisan dan silaturahmi keluarga besar pada hari kedua Idul Fitri. Disini semua anggota trah berkumpul melakukan silaturahmi.

 
Leave a comment

Posted by on December 4, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: